Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Baru Mulai Usaha Kecil - Kecilan? ini Tips Agar Cepat Dikenal Orang!

Baru Mulai Usaha Kecil - Kecilan? ini Tips Agar Cepat Dikenal Orang!
Membuka usaha baru bukan hal yang mudah. Namun, bukan berarti tidak mungkin dilakukan. Di tengah pandemi seperti sekarang, kamu butuh cara dan strategi yang tepat agar usahamu cepat dikenal orang. 

Tak hanya butuh keberanian, kamu juga memerlukan promosi sebagai media pemasaran. Dengan menggunakan cara dan strategi yang tepat, peluang usaha untuk meraih keberhasilan saat membuka usaha baru pun semakin besar. 
Lantas, apa saja strategi pemasaran yang bisa kamu lakukan? Yuk simak tips di bawah! 
1. Tentukan dan kenali target pasar
Saat mulai membuka usaha baru, hal pertama yang penting kamu lakukan adalah menentukan target pasar. Target pasar merupakan suatu kelompok konsumen yang menjadi sasaran usahamu. Mengetahui target pasar tidak hanya memudahkan penyesuaian produk dan strategi marketing, tetapi juga dapat membidik peluang konsumen untuk membeli produk dengan lebih jelas. 
Cara mudah untuk menentukan target pasar adalah dengan menganalisis situasi yang berhubungan dengan konsumen, produsen, dan distributor dengan metode SWOT (Strengths, Weaknesses, Opportunities, dan Threats). 
Strengths (kekuatan) dan Weaknesses (kelemahan) berasal dari kondisi internal, hal-hal yang dapat kamu kontrol dan dapat berubah. Misalnya lokasi tempat usaha, siapa yang akan mengelola, keunggulan produk, dan lain-lain. 
Sementara Opportunities (peluang) dan Threats (ancaman) merupakan hal eksternal yang memengaruhi usaha. Misalnya para pesaing, harga bahan baku, tren belanja pelanggan, dan sebagainya. 
2. Mengetahui keunikan produk yang dijual
Keunikan produk menjadi salah satu kunci keberhasilan suatu usaha. Sebab, produk yang unik dapat menarik minat konsumen untuk membelinya. 
Untuk menemukan dan menentukan keunikan produk, kamu bisa melakukan beberapa cara. Misalnya memperhatikan kompetitor, menerima saran dari orang-orang terdekat, kemudian berpikir out of the box. Yang perlu diingat dalam menjalankan suatu usaha baru adalah terus berinovasi dan berani mengambil risiko. 
3. Buat identitas usaha
Saat merintis usaha baru, jangan lupa untuk membuat identitas produk agar lebih mudah dikenal orang. Kamu bisa memulainya dengan memikirkan merek atau nama usahamu saat membuat identitas usaha. 
Selanjutnya, maksimalkan penggunaan logo dengan desain yang menarik agar strategi branding semakin mudah menarik konsumen. Menerapkan bagaimana warna, jenis tulisan, dan gambar pada logo juga dapat membuat daya tarik konsumen semakin meningkat, lho! 
4. Promosi di media sosial
Media sosial menjadi salah satu tempat paling berpengaruh untuk menjalankan strategi marketing. Apalagi di tengah pandemi seperti sekarang, sudah banyak orang yang beralih ke belanja online. Kamu juga dapat berinteraksi langsung dengan konsumen saat melakukan promosi di media sosial. 
Gunakan Instagram Ads atau Facebook Ads saat mempromosikan usaha baru di media sosial. Dua platform ini memungkinkan kamu untuk menentukan target pasar, sehingga peluang untuk menjaring konsumen jadi lebih besar. Tak hanya itu, Instagram Ads dan Facebook Ads juga dapat menarik laporan dari promosi yang kamu jalankan. 
5. Memakai jasa influencer
Hingga saat ini, endorsement melalui para influencer masih menjadi salah satu cara untuk meningkatkan awareness produk. Tak hanya itu, jasa mempromosikan usaha dengan bantuan para influencer juga memperluas pangsa pasar dan meningkatkan penjualan. Sehingga, usahamu akan semakin mudah dikenal masyarakat. 



sumber:kumparan

Posting Komentar untuk "Baru Mulai Usaha Kecil - Kecilan? ini Tips Agar Cepat Dikenal Orang!"