Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 jenis zat kimia berbahaya penyebab kanker yang tersembunyi di peralatan dapur Anda.

Tanpa disadari, ternyata di dapur kita juga bisa terdapat zat kimia sejenis karsinogen yang akan terakumulasi dan bisa memicu kanker dalam jangka panjang.

Tanpa narasi panjang lebar, di bawah ini adalah 4 jenis zat kimia berbahaya penyebab kanker yang tersembunyi di peralatan dapur Anda.



Dijelaskan pula cara penanganannya yang benar sehingga tidak sampai benar-benar menyebabkan kanker.

Talenan Kayu: Aflatoksin

Jika talenan kayu tidak dibersihkan secara teratur, residu sisa makanan akan rusak dan di lingkungan yang lembab akan mereproduksi Aspergillus flavus, menciptakan aflatoksin sangat beracun, yang dapat menyebabkan kanker.

Aflatoksin adalah zat yang sangat beracun, 68 kali lebih beracun daripada arsenik dan merupakan karsinogen biologis paling kuat yang kita tahu, dosis 1 miligram saja sudah dapat menyebabkan kanker.

Bagaimana cara mencuci talenan kayu? Ada 2 metode pembersihan yang disarankan:

Gunakan lemon dan garam: kita dapat membersihkan talenan kayu secara cepat dengan mencampurkan jus lemon dengan garam lalu menggunakan campuran ini untuk membasahi permukaan talenan. Kemudian, gunakan jeruk nipis peras untuk menggosok permukaan talenan secara merata. Kemudian bilas dengan air dan biarkan selama beberapa saat di tempat yang kering.

Gunakan baking soda: Baking soda bekerja sangat baik dalam menghilangkan jamur dan peralatan kayu yang mengkilap. Buat campuran soda kue dengan air hangat dan oleskan ke permukaan talenan, setelah terkena sinar matahari selama sekitar setengah jam, akhirnya bilas dengan air.

Bantalan Pencuci Piring Berkualitas Buruk, Peralatan Makan Plastik Palsu: Formaldehyde

Ada sejumlah peralatan makan plastik palsu dan bantalan pencuci piring di pasaran mengandung formaldehyde yang secara serius melebihi standar, menyebabkan kerusakan pada tubuh manusia, hingga akhirnya memicu kanker.

Formaldehyde telah lama diidentifikasi oleh Organisasi Kesehatan Dunia sebagai karsinogen dan teratogen.

Bahkan paparan jangka panjang terhadap formaldehyde dosis rendah sangat berbahaya, dapat menyebabkan penyakit pernapasan kronis, gangguan menstruasi, kehilangan ingatan, dll.

Selain itu, penelitian dari Universitas Nasional Yokohama di Jepang menunjukkan bahwa pelepasan formaldehida adalah proses yang lambat dan jangka panjang.

Durasinya bahkan bisa berlangsung dari 10 hingga 15 tahun, efeknya akan menyebabkan kerusakan jangka panjang dan permanen pada tubuh manusia.

Jadi bagaimana cara mengatasinya? Saat membeli produk seperti peralatan makan atau mesin pencuci piring, jangan pilih merek yang murahan atau tidak terjamin asal usulnya, serta perlu melihat dengan hati-hati bahan-bahan dalam produk tersebut.

Cooker Hood: Endapan Minyak

Fungsi paling penting dari cooker hood atau tudung dapur adalah untuk membuang asap minyak yang dihasilkan selama memasak, mengurangi efek kerusakan asap dapur yang dapat masuk ke tubuh.

Namun, jika sungkup ini tidak dibersihkan secara teratur, endapan minyak dalam jumlah besar akan menumpuk, tidak hanya mencegah gas buang tidak terkuras dengan lancar, tetapi juga residu minyak setelah dipanaskan dapat menghasilkan zat karsinogen.

Jika gas-gas ini tidak dibuang segera, lama kelamaan akan terserap oleh tubuh pada orang yang berada di sekitarnya, merusak sistem pernapasan dan menyebabkan kanker paru-paru.

Jadi apa yang musti kita lakukan? Biasanya kap mesin perlu dibersihkan setelah 6 bulan penggunaan, jika asap minyak relatif besar, siklus pembersihan harus lebih pendek atau sering.

Setelah memasak, jangan langsung mematikan tudung, biarkan tudung terus berjalan selama 3-5 menit untuk memastikan gas beracun telah benar-benar habis.

Memasak adalah kegiatan yang pasti rutin dilakukan setiap hari. Namun, setiap orang juga perlu memperhatikan kesehatan dan keselamatannya masing-masing.

Foil: Aluminium Foil

Aluminium dalam aluminium foil sangat berbahaya bagi tubuh. Karena itu, ketika kita menggunakan foil untuk menyiapkan makanan, aluminium bisa meresap ke dalam makanan dan masuk ke dalam tubuh.

Aluminium adalah racun yang dapat menyebabkan penyakit seperti penyakit Parkinson, Alzheimer dan gangguan otak serius lainnya.

Lantas bagaimana cara menyiasatinya? Hindari menggunakannya untuk memanggang, karena memanggang adalah aktivitas yang berhubungan dengan suhu tinggi, sehingga menyebabkan aluminium bereaksi dan akan masuk ke makanan yang kita makan.

Jangan menggunakannya untuk menyimpan makanan asam seperti buah-buahan asam, cuka karena ketika asam dalam makanan bereaksi dengan aluminium dalam foil, efeknya dapat merusak foil.

Akibat hal itu, sejumlah kecil aluminium dapat meresap ke dalam makanan membentuk karsinogen potensial kanker.


sumber:ialampedia.com

Posting Komentar untuk "4 jenis zat kimia berbahaya penyebab kanker yang tersembunyi di peralatan dapur Anda."